Rabu, 17 Desember 2008

MAKANAN JAMAAH CALON HAJI SEBELUM BERANGKAT KE ARAB SAUDI

Makanan bergizi dapat membantu para jamaah calon haji dalam mempertahakan kondisi tubuh agar tetap sehat dan prima. Gizi adalah segala sesuatu tentang makanan dan kaitannya dengan kesehatan. Makanan sehat dan bergizi yang seimbang adalah makanan yang cukup zat gizinya sesuai keperluan tubuh. Setiap zat gizi mempunyai fungsi yang khusus dalam tubuh, oleh karena itu sebaiknya semua zat gizi harus terdapat dalam makanan sehari-hari, Setiap orang memerlukan jumlah makanan yang berbeda sesuai dengan jenis kegiatan

yang dilakukan (kegiatan ringan, sedang dan berat), jenis kelamin, kodisi tubuh, berat badan, tinggi badan. lingkungan Udara.

Pedoman makanan jamaah calon haji sebelum berangkat ke tanah suci sebagai berikut :

1. Makanlah makanan yang beraneka-ragam dan terdiri dari berbagai bahan makanan seperti makanan pokok, lauk pauk, Sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan.

2. Pilihlah bahan makanan pokok yang tinggi serat seperti beras, jagung, kentang, Ubi, talas, singkong, roti, mie dan sebagainya.

3. Makanlah lauk pauk yang bernilai gizi tinggi seperti daging, telur, ikan, ayam, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tahu, tahu, tempe dan sebagainya.

4. Makanlah sayuran berwarna seperti bayam, Kangkung, wortel, Labu kuning, sawi, daun singkong dan sebagainya.

5. Makanlah buah-buahan berwarna kuning atau kemerahan yang banyak mengandung vitamin seperti pisang, pepaya, jeruk, nenas, peer, anggur, apel, semangka dan melon.

6. Minum minimal 10 gelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar